apa yang mempengaruhi dan alasan
anda dalam memutuskan untuk membeli suatu barang ?
Ketika hendak
memutuskan untuk membeli suatu barang, banyak yang saya jadikan bahan
pertimbangan. Diantaranya adalah mencari referensi harga, hal ini bisa
dilakukan dengan mencari di internet atau bertanya kepada teman, bisa juga
melakukan survey terhadap beberapa produsen dan mencari yang paling murah namun
dengan kualitas yang sama. Mencari tahu keaslian dan kualitas dari produk yang
akan dibeli, dapat dilakukan dengan bertanya atau melihat review dari customer
lain. Menyesuaikan harga produk dengan budged yang dimiliki , kualitas dari barang
tersebut. banyak merk barang yang bagus saat ini dan terkadang barang tersebut
tidak dapat terjangkau, maka sebaiknya kita mencari barang yang kualitas tidak
kalah jauh tetapi barang tersebut bisa kita jangkau dengan harga murah.
Bagaimana pendapat anda terhadap perilaku konsumen di Jabodetabek khususnya
kota Depok?
Jawab
: Pendapat saya terhadap perilaku konsumen di Jabodetabek khususnya kota Depok
bekaitan dengan :
·
Faktor sosial :
- Group, sikap dan perilaku seseorang dipengaruhi oleh
banyak group-group kecil.
- Family Influence, keluarga memberikan pengaruh yang
besar dalam perilaku pembelian.
- Roles and Status, sebuah role terdiri dari aktifitas
yang diharapkan pada
seseorang untuk dilakukan sesuai dengan orang-orang di sekitarnya.
·
Faktor personal :
- Economic Situation, keadaan ekonomi seseorang akan
mempengaruhi
pilihan produk.
- Lifestyle, orang-orang yang datang dari kebudayaan,
kelas sosial dan
pekerjaan yang sama mungkin saja memiliki gaya hidup yang
berbeda.
- Personality and Self Concept, tiap orang memiliki
gambaran diri yang
kompleks dan perilaku seseorang cenderung konsisten dengan konsep
diri tersebut.
·
Faktor psychological :
- Motivation, kebutuhan yang mendesak untuk mengarahkan
seseorang untuk mencari kepuasan dari kebutuhan.
- Perception, orang dapat membentuk berbagai persepsi yang
berbeda dari rangsangan yang
sama.
- Learning, pembelajaran adalah suatu proses yang selalu
berkembang dan berubah
sebagai hasil dari informasi terbaru yang diterima.
·
Faktor cultural :
- Subculture, sekelompok orang yang berbagai sistem nilai
berdasarkan
persamaan pengalaman hidup dan keadaan.
- Social Class, pengelompokan individu berdasarkan
kesamaan nilai, minat dan
perilaku.