Senin, 13 Januari 2014


apa yang mempengaruhi dan alasan anda dalam memutuskan untuk membeli suatu barang ?

Ketika hendak memutuskan untuk membeli suatu barang, banyak yang saya jadikan bahan pertimbangan. Diantaranya adalah mencari referensi harga, hal ini bisa dilakukan dengan mencari di internet atau bertanya kepada teman, bisa juga melakukan survey terhadap beberapa produsen dan mencari yang paling murah namun dengan kualitas yang sama. Mencari tahu keaslian dan kualitas dari produk yang akan dibeli, dapat dilakukan dengan bertanya atau melihat review dari customer lain. Menyesuaikan harga produk dengan budged yang dimiliki ,  kualitas dari barang tersebut. banyak merk barang yang bagus saat ini dan terkadang barang tersebut tidak dapat terjangkau, maka sebaiknya kita mencari barang yang kualitas tidak kalah jauh tetapi barang tersebut bisa kita jangkau dengan harga murah. 

Bagaimana pendapat anda terhadap perilaku konsumen di Jabodetabek  khususnya kota Depok?

Jawab : Pendapat saya terhadap perilaku konsumen di Jabodetabek khususnya kota Depok bekaitan dengan :
·                     Faktor sosial : 
        - Group, sikap dan perilaku seseorang dipengaruhi oleh banyak group-group             kecil.
        - Family Influence, keluarga memberikan pengaruh yang besar dalam perilaku           pembelian.
        - Roles and Status, sebuah role terdiri dari aktifitas yang diharapkan pada                 seseorang untuk dilakukan sesuai dengan orang-orang di sekitarnya.
·                     Faktor personal :
        - Economic Situation, keadaan ekonomi seseorang akan mempengaruhi                     pilihan produk.
        - Lifestyle, orang-orang yang datang dari kebudayaan, kelas sosial dan                       pekerjaan yang sama mungkin saja memiliki gaya hidup yang berbeda.
        - Personality and Self Concept, tiap orang memiliki gambaran diri yang                     kompleks dan perilaku seseorang cenderung konsisten dengan konsep diri tersebut.


·                     Faktor psychological :
        - Motivation, kebutuhan yang mendesak untuk mengarahkan seseorang untuk mencari kepuasan dari kebutuhan.
        - Perception, orang dapat membentuk berbagai persepsi yang berbeda dari               rangsangan yang sama.
        - Learning, pembelajaran adalah suatu proses yang selalu berkembang dan                 berubah sebagai hasil dari informasi terbaru yang diterima.
·                     Faktor cultural :
        - Subculture, sekelompok orang yang berbagai sistem nilai berdasarkan                     persamaan pengalaman hidup dan keadaan.
        - Social Class, pengelompokan individu berdasarkan kesamaan nilai, minat               dan perilaku.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar